Sabtu, 19 Juni 2010

Misteri Makam Gajah Mada

Kebesaran Gajah Mada sebagai patih Majapahit memang tak perlu diragukan lagi. Sumpah Palapa-nya yang mengawali kejayaan Kerajaan Majapahit bahkan jadi panutan. Tapi kematiannya sampai sekarang masih penuh misteri, termasuk soal lokasi makamnya.

Ada beberapa versi yang berkaitan dengan letak makam patih gajah Mada. Tercatat di Makam Panjang, situs Troloyo yang ada di Trowuan, Mojokerto, Jawa Timur ada sebuah makam yang diakui sebagai makam sang maha patih. Disamping itu, di desa Majapahit, Kecamatan Batauga, peisisr pulau Buton, Sulawesi Tenggara, terdapat makam yang juga dianggap sebagai makam Gajah Mada. Sedangkan di Lombok tepatnya di makam Selaparang yang disebut juga makam raja Selaparang, 2 jam dari Mataram, terdapat sebuah makam yang lagi-lagi dikabarkan sebagai peristirahatan terakhir patih Gajah Mada yang wafat pada tahun 1364 M itu.

Dimakam Selaparang memang terdapat beberapa makam raja-raja dari seluruh penjuru Nusantara. Masing-masing makam tersebut bercirikan batu nisan yang memiliki bentuk tersendiri. Batu nisan yang berbeda satu sama lain ini menggambarkan keragaman daerah asal para raja yang dimakamkan di sini. Yang paling unik tentu saja nisan dari makam Gajah Mada. Bentuknya seperti sumur bundar dengan sususan batu sungai berukuran sedang yang di tata rapi, tanpa tulisan apapun. Menurut juru kunci, sejak dulu kompleks ini tidak berubah susunanya, termsuk keunikan makam berbentuk sumur bundar itu. Sehingga ketika dilakukan renovasi, mereka cuman menambahkan semen dan batuan untuk merapikannya.

Sekarang hanya pihak kelurga raja Selaparang yang bisa dimakamkan disini, demikian juga dengan status juru kunci juga harus berdasarkan keturunan raja Selaparang. Karena itu, kunjungan ke makan harus sepengetahuan juru kunci. Biasanya dimasa Lebaran, banyak penduduk Lombok dan berbagai daerah lainya berziarah ke sini. Soal kebenaran makam Gajah Mada belum bisa diketahui secara pasti. Yang jelas kedatangan Gajah Mada ke Lombok pada tahun 1357 memang tercatat pada prasasti Bencangah Punan yang ditulis dalam aksara Jejawan. Masa itu di catat sebagai zaman mulainya tradisi sastra di Lombok.

Saat cerita ini dikonfirmasikan pada sang juru kunci, dengan bijak ia mengatakan bahwa bagaimanapun juga, keberadan makam Gajah Mada ini diharapkan memberi spirit untuk bersatunya anak negeri di Bumi Pertiwi ini. "Kalau kita tidak mau bersatu dan selalu terpecah belah, bagaimana nantinya negeri ini?" ujarnya pelan namun pasti.

23 komentar:

  1. Alhamdulillah Makam Selaparang tetap dengan kharisma dan kemualiannya, juga dalam keadaan terawat baik.
    Semoga saya bisa ziarah ke Makam Selaparang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
      sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
      kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
      Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
      1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
      melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
      dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
      saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
      kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
      penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
      dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
      minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
      buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
      Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
      sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
      agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
      saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
      jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

      Hapus
    2. Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU ENDANG WULANDARI .saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 9 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jta 5000.ribu /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata fositip tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI

      Hapus
    3. Assalamu'alaikum

      Dana gaib solusi bagi yang sudah kepepet tidak ada jalan lain lagi buat bayar hutang yang menumpuk dll.

      100% jalur putih aman!!
      100% tanpa tumbal!!
      100% berhasil!!

      Hasil dari dana gaib tidak boleh dipakai untuk berjudi dan maksiat!!

      Silahkan kirim email bagi yang berminat

      ki.saefulloh@gmail.com

      Hapus
  2. Sang patih gajah mada tidak lagi ditulis dikitab kuno karna bisa jadi beliau masuk agama Islam.
    Karena kitab² kuno tidak mau memuat agama Islam , entah apa alasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus

      Hapus
  3. ya...di uji aja mana pendapat yang lebh kuat

    BalasHapus
  4. setuju Gus Mus Jr

    BalasHapus
  5. sejarah sering membering ruang analisis

    BalasHapus
  6. Knapa gk digali aja Makamnya.....

    BalasHapus
  7. Saya kira yang dimaksud dengan makam disini bukan makam dalam arti tempat penguburannya, tapi maqam, yakni istilah dalam bahasa Arab yang artinya tempat berdiri saat beliau menaklukan Lobok.

    BalasHapus
  8. Dari tokoh agama yang diakui kredibilitasnya menyatakan bahwa Gajah Mada tidak hanya dimakamkan di Lombok tetapi bila ditelusiri tokoh dalam cerita Sasak yaitu si "Temelak Mangan" atau "Tekayun Nada" adalah anak Lombok yang mengembara ke tanah Jawa yang mengabdikan dirinya kepada Majapahit untuk kejayaan Nusantara tanpa perlu memperkenalkan jati dirinya namun dari "Nada" dipanggil "MADA" dan si "NADA" itulah yang dikenal sebagai Gajah MADA

    BalasHapus
  9. dulunya mayoritas warga pribumi nusantara menganut hindu dan buddha dan itu 100tahun sebelum kedatangan 9 wali songo...bukankah dalam agama hindu setiap orang meninggal di Bakar tubuhnya? saya yakin tubuh gajah mada setelah ia meninggal di bakar.....ngaben bisa kita jumpai di pulau bali hingga saat ini....

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
    Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus
  12. Aslamualaikum wr wb. Bismillahirrahamaninrahim, senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung hutang ke pelanggan saya totalnya 700jt dan di bank totalnya 800jt, saya stres dan hampir bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anak-anaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH.Ageng Raden Kusuma hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KH.Ageng Raden Kusuma, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah, akhirnya 5M yang saya minta benar-benar ada di tangan saya, semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, jika ingin seperti saya, saya menyarankan untuk menghubungi KH.Ageng Raden Kusuma di ((085-219-106-237))
    Situsnya http://kyai-agengradenkusuma.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdra arywidianto sukmo sy bc pengalaman anda & anda berhsil apa bs anda membantu sdr2 anda yg dulu sama sprt anda ini no saya 081235829672 trima kasih uang 5M sngat bnyak bwt sy & sy gk btuh uang s bnyk itu sy hny btuh 200jt nntik sy cicil itu maaf itu kalau mmng anda bener2 berhsil ....

      Hapus
  13. Knpa smua mesti ada mahar bwt mkan se hari2 susah kadang mkn kadang tdk jgn kan bwt mkan bwt istrht tdurpun bingung krn tdk tau hrs kmna kalau mmng mmbantu tlg d bntu andai ini berbalik pd anda ato sdra anda koq selalu pkai mahar bkny gk prcya tp sy sdh jtuh k timpa tngga org yg ktny bs bntu trnyta bohong sy k tipu skrg sy bingung uang sdh hbis rmh mo d sita org tua usia 80 skit2 an malah sy gk bs plg sy mohon sama anda2 tolong skali lg tolong jgn mnambah beban org2 sprti saya Deasya02@gmail.com

    BalasHapus
  14. Htg gk malah hbis mlah s gunung k tipu bg anda2 yg brhsil sy ucapkan selamat & berbagi lah sama mrk2 yg susah sprt sy insyallah gk akan hbis koq bwt nolong org2 yg sprt sy mrka & saya btuh bantuan anda yg berhasil inget sblm anda berhsil ritual jg sama sprti kita2 081235829672 ini no sy ....

    BalasHapus
  15. Knpa smua mesti ada mahar bwt mkan se hari2 susah kadang mkn kadang tdk jgn kan bwt mkan bwt istrht tdurpun bingung krn tdk tau hrs kmna kalau mmng mmbantu tlg d bntu andai ini berbalik pd anda ato sdra anda koq selalu pkai mahar bkny gk prcya tp sy sdh jtuh k timpa tngga org yg ktny bs bntu trnyta bohong sy k tipu skrg sy bingung uang sdh hbis rmh mo d sita org tua usia 80 skit2 an malah sy gk bs plg sy mohon sama anda2 tolong skali lg tolong jgn mnambah beban org2 sprti saya Deasya02@gmail.com oiya bg anda2 yg berhsil sy ucapkan selamat bg anda yg berhsil tlg bntu kt2 yg dulu jg sprti anda gk akan hbis koq kalau anda bener2 berhsil mmbantu kita2 krn doa2 org sprt kt insyaallah 081235829672 ini no saya

    BalasHapus
  16. Sdr ahmad afandy apa ada maharnya ...

    BalasHapus
  17. Astaqfirllah 10jt bwt mkan s hari2 aja susahny mnt ampun sehari mkn kadang tdk mkn knp yaaa koq ada mahar .....

    BalasHapus