Sabtu, 19 Juni 2010

Panguragan Arjawinangun Cirebon.konon adalah tanah sakti untuk hal2 mistik


Panguragan adalah sebutan lain kompleks makam Nyi Mas Gandasari. Terletak di Kecamatan Arjawinangun, Cirebon. Menurut cerita, ke tempat inilah orang yang terzalimi mencari keadilan dan menuntut balas. Dengan sarana tanah yang terdapat di kompleks ini, mereka mengirim santet, teluh dan guna-guna sebagai balas dendam. Benarkah itu ?

Kompleks Panguragan memang tidak asing ditelinga para pengalap berkah, terutama mereka yang mencari keadilan dan ingin terlepas dari kesusahan. Tidak heran bila hal-hal berbau mistik amat kental dengan tempat dimakamkannya putri angkat Sunan Gunung Djati ini. Orang-orang pun berdatangan dari berbagai tempat seperti Jakarta, Bandung, Palembang, dan tempat-tempat lain di tanah air. Pada bulan Maulud (Rabiul Awal) tempat yang dikeramatkan ini berubah bagai pasar malam, penuh dengan kerumunan manusia. Mereka berdesakan untuk memasuki lokasi makam.

Panguragan secara geografis termasuk wilayah Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Jabar. Konon, tempat ini selalu menjadi bahan gunjingan bagi orang-orang yang ingin mencari keadilan. Yakni mereka-mereka yang hidupnya tertindas dan ingin balas dendam. Beberapa puluh tahun lampau, nama Panguragan selalu disebut-sebut oleh kaum tertindas ini. Mereka ini masih mempercayai kekuatan gaib sebagai sarana mendapatkan keadilan, sekaligus membalas dendam.

Nama Panguragan sendiri, bagaikan hantu bagi mereka yang pernah berbuat zalim kepada sesama. Kabarnya, bila orang tertindas itu mendatangi keramat Panguragan, lalu membawa sejumput tanah dan menaburkannya dipekarangan orang yang menzalimi, maka celakalah orang itu. “Karenanya nama Panguragan amat ditakuti mereka yang pernah berbuat salah tapi belum minta maaf,” tutur Sofyan (34), warga Panguragan.

Bukan hanya itu. Dulu, orang-orang di sekitar Cirebon punya pengalaman aneh. Bila mendengar nama Panguragan disebut, perasaan mereka seakan dibuntuti oleh hantu yang sangat menakutkan. Karena itulah buru-buru mereka menyebut kalimat-kalimat suci seperti istighfar, sebagai penolak balak.

Menurut kepercayaan warga sekitar, tanah yang berasal dari keramat Panguragan, bisa untuk menghancurkan usaha seseorang, atau bahkan kehidupan seseorang. Bahkan konon pula, orang yang dihancurkan kehidupannya dengan keramat Panguragan ini, dia akan menderita kehancuran itu sampai tujuh turunan. “Sangat mengerikan bila kita terkena tulah keramat Panguragan,” jelas Sofyan lagi.

Tentang kekeramatan dan kekuatan tulah tanah Panguragan ini tidak dibantah oleh juru kunci keramat Panguragan, Muhammad Jasin. “Itu bisa saja terjadi, tapi segala sesuatunya hanya atas kehendak Allah. Kalau kita tidak bersalah lantas ditaburi tanah Panguragan, Insya Allah tidak apa-apa,” jelasnya.

Memang, terang Muhammad Jasin, atas ijin Allah, tanah Panguragan punya kekuatan yang sanggup menghancurkan kesuksesan seseorang. Tapi, hati-hati, bila tanah ini disalahgunakan, justru akan terjadi kebalikannya. “Karena pada dasarnya, sebagaimana Nyi Mas Ayu Gandasari sendiri adalah salah seorang tokoh penyebar agama Islam dan memusuhi keangkaramurkaan serta kebatilan,” beber Muhammad Jasin.

Juru kunci keramat Panguragan ini mengakui bila banyak sekali orang yang salah menafsirkan tentang kekeramatan Panguragan. Banyak orang menyangka bahwa setiap orang yang kena tanah keramat Panguragan akan hancur usahanya. “Itu sama sekali salah. Jika kita berada di jalan yang benar, maka kita akan dilindungi Yang Maha Kuasa,” katanya.

Tokoh Sakti

Kekeramatan Panguragan tidak hanya diyakini oleh warga Cirebon. Bahkan orang diluar Cirebon pun meyakini kekeramatan tanah Panguragan ini. Dalam keyakinan mereka, tanah keramat Pangeragan sangat ampuh. Sedikit saja menggunakannya, bisa untuk menghancurkan orang, begitu keyakinan mereka.

Selain diyakini mereka yang ingin meminta keadilan kepada Yang Maha Kuasa, tempat keramat Panguragan ini sering dijadikan orang untuk lelaku. Mereka meyakini apa yang diingini akan cepat terkabul. Tidak jarang ada yang sampai berhari-hari munajat di tempat ini. Nah, karena banyaknya orang yang lelaku di keramat Panguragan, banyak yang mempertanyakan, siapa sebenarnya Nyi Mas Gandasari.

Menurut sejarah, Nyi Mas Gandasari adalah seorang anak angkat Sunan Gunung Jati. Setelah dewasa dan dirasa cukup usia, Sunan Gunung Jati mempersilakan sendiri untuk mencari jodoh. Namun, karena tekadnya ingin bersuamikan seorang yang lebih mumpuni darinya, maka Sunan menyerahkan sepenuhnya kehendak putri angkatnya itu.

Untuk memenuhi keinginan tersebut, Nyi Mas Gandasari mengadakan sayembara memilih jodoh. Pengumuman ini jelas sangat menarik minat para ksatria dari berbagai negeri. Hal ini disebabkan, Nyi Mas Gandasari adalah sosok wanita yang cantik, juga sakti mandraguna. Dari arena perlombaan, ternyata tak seorang pun ksatria yang sanggup mengalahkannya.

Setelah semua ksatria berhasil dikalahkan, masuklah seorang ksatria dari negari Campa. Namanya Syeikh Magelung Sakti. Kisah ksatria ini pun sungguh menarik. Dia adalah seorang pengembara sakti berambut panjang yang ingin mencari seorang guru yang sanggup memotong rambutnya. Ceritanya, sesampai ditepi kali Sukalila, Cirebon, ia bertemu Sunan Gunugn Jati yang didampingi pamannya, Pangeran Cakrabuana.

Sunan Gunung Djati inilah yang berhasil memotong rambut Syekh Magelung Sakti dengan tangannya. Setelah itu, Sunan pergi begitu saja meninggalkan Magelung Sakti. Karena merasa ada yang sanggup memotong rambutnya, Syekh Magelung Sakti bermaksud menghamba dan menjadi murid Sunan Gunung Djati. Namun Sunan terlanjur pergi dan tak berhasil ditemukan lagi.

Dalam pengembaraan mencari orang yang berhasil memotong rambutnya inilah Syekh Magelung Sakti memasuki arena sayembara yang diadakan Nyi Mas Gandasari. Pertarungan antara Nyi Mas Gandasari dengan Syekh Magelung Sakti berlangsung sengit. Namun akhirnya Syekh MAgelung Sakti berhasil mengalahkan Nyi Mas Gandasari. Wanita cantik ini merasa kewalahan menghadapi gempuran kesaktian ksatria tersebut, hingga akhirnya lari dari arena.

Ketika Syekh Magelung Sakti terus mengejarnya, Nyi Mas Gandasari bertemu dengan ayahnya Sunan Gunung Djati. Merasa sadar orang yang berada di hadapannya adalah tokoh sakti yang sanggup memotong rambutnya, Syekh Magelung Sakti menghentikan mengejar. Bahkan bertekuk lutut dihadapan Sunan Gunung Djati. Lantas dengan bijaksana, Sunan Gunung Djati menikahkan Nyi Mas Gandasari dengan ksatria itu. Sampai akhir hayat, Nyi Mas Gandasari dimakamkan di Panguragan, Arjawinangun, Cirebon

3 komentar:

  1. sangat menakjub kan semoga yangpernah kesana tidak salahgunakan,tuah yang didapat dari kramat tersebut

    BalasHapus
  2. Keterpurukan hidup membuat saya melakoni pesugihan di AKI GUNTUR,sebelumnya saya Mendapatkan no hp aki dari teman yang sudah sukses kaya, no hp AKI 085-398-230-167 saran AKI GUNTUR pesugihan yang cocok untuk saya adalah Bank GHAIB, di waktu itu tanpa banyak perhitungan saya ikuti petunjuk dari aki ,saya sudah sangat bingung dengan hutang yang beratas-ratus juta. Untung saja ada aki GUNTUR yang membntu melalui syareatnya. Saya serahkan umur 1 hari saya untuk ritual ini . pada malam pelaksanaan ritual saya merasa sesuatu yang sangat asing,. Karna merasa tak kuat kemudian saya coba melelapkan diri, entah sadar atau tidak saya melihat sosok makhluk tinggi besar yang memberikan saya kain hitam yang berisi uang 50-100rbuan yang sangat banyak setelah benar-benar sadar saya memeriksa kotak hitam yang telah saya persiapkan sebelumnya atas perintah AKI ,dan dengan sangat terkejut saya melihat kotak tersebut penuh dengan uang 50-100ribuan sampai ratusan lembAr banyaknya , tanpa ada rekayasa saya membuat kesaksian ini karna semua ini benar-benar saya alami. SUMPAH DEMI ALLAH DAN ATS NAMA KELUARGA Saya ucapkan ribuan terimkasih kepada AKI ,saat ini hutang saya telah lunas dan saya tlah memiliki tokok emas yang lumayan besar . sekali lagi saya ucapkan terimakasih yang sangat besar kepada AKI GUNTUR dan keluarga.

    BalasHapus
  3. Solusi bayar hutang,Pesugihan hitam dan putih,Uang bibit,Pelet,Gendam,Penghancur musuh/usaha,Pemutus ikatan pesugihan,Disayang lawan jenis/bos,Susuk asmaradana,Attunement reiki,Hipnoterapy,Pengeretan harta,Jin pendamping dll hub sms/telp 082218766006 ( Ki Anggoro Gheni ) Bisa dipanggil !!!!! Mahar nego !!!! Bisa seikhlasnya !!!! Jarak jauh bisa !!!!

    BalasHapus